• Tiga Landasan Utama (Ebook.pdf)


    Kali ini saya akan share, Ebook "Ushul ats-Tsalatsah" karya Al-Imam Muhammad bin ‘Abdil Wahhab rahimahullaah. mohon untuk tidak diperjualbelikan Ebook ini, tetapi antum dapat menyebarkannya.

    Akhi (Saudaraku). Semoga Allaah senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada anda. Ketahuilah, bahwa wajib bagi kita untuk mendalami empat perkara, yaitu :
    1. Ilmu, ialah mengenal Allaah, mengenal Nabi-Nya dan mengenal agama Islam berdasarkan dalil-dalil.
    2. Amal, ialah menerapkan ilmu ini.
    3. Da'wah, ialah mengajak orang lain kepada ilmu ini.
    4. Sabar, ialah tabah dan tangguh menghadapi segala rintangan dalam menuntut ilmu, mengamalkannya dan berda'wah kepadanya.
    Dalilnya, firman Allaah Ta'ala :
    Ayat Al-Qur'an









    Artinya : Demi masa. Sesungguhnya setiap manusia benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman, melakukan segala amal shalih dan saling nasihat-menasihati untuk (menegakkan) yang haq, serta nasehat-menasehati untuk (berlaku) sabar".(Al-'Ashr : 1-3).

    Imam Asy-Syafi'i [1] Rahimahullaah Ta'ala, mengatakan :

    لو ما أنزل الله حجة على خلقه إلا هذه السورة لكفتهم
    "Seandainya  Allaah  hanya menurunkan surah ini saja sebagai hujjah buat makhluk-Nya, tanpa hujjah lain, sungguh telah cukup surah ini sebagai hujjah bagi mereka".

    Dan Imam Al-Bukhari [2] Rahimahullaah Ta'ala, mengatakan :

    العلم قبل القول والعمل
    "Bab Ilmu didahulukan sebelum ucapan dan perbuatan".

    Dalilnya firman  Allaah Ta'ala :




    "Artinya : Maka ketahuilah, sesungguhnya tiada sesembahan (yang haq) selain  Allaah dan mohonlah ampunan atas dosamu". (Muhammad : 19).

    Dalam ayat ini,  Allaah memerintahkan terlebih dahulu untuk berilmu (berpengetahuan) .... .." [3] sebelum ucapan dan perbuatan.

    Untuk selanjutnya dapat dibaca pada ebook nya, semoga bermanfaat.

    Ebook Download disini

    footnote
    [1] Abu Abdillah Muhammad bin Idris bin Al-'Abbas bin 'Utsman bin Syafi'i Al-Hasyim Al-Quraisy Al-Muthallibi (150-204H - 767-820M) Salah seorang imam empat. Dilahir kan di Gaza (Palestina) dan meninggal di Cairo. Diantara karya ilmiyahnya Al-Umm, Ar-Risalah dan Al-Musnad.

    [2] Abu 'Abdillah Miuhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al-Mughirah Al- Bukhari (194-256H - 810-870M) Seorang Ulama ahli Hadits. Untuk mengumpulkan hadits ia telah menempuh perjalanan yang panjang, mengunjungi Khurasan, Irak, Mesir dan Syam. Kitab-kitab yang disusunnya antara lain Al-Jaami Ash-Shahih (yang lebih dikenal dengan Shahih Bukhari),At-Taarikh, Adh-Dhu'afaa, Khalq Af'aal al-Ibaad.

    [3] Al-Bukhari dalam Shahih-nya, kitab Al-'ilm, bab.10
    Cilegon, 4 Februari 2012 / 11 Rabi'ul Awal 1433H

    Image and video hosting by TinyPic

    Artikel ini di share di Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan menjaga adab-adab yang sopan, dan silahkan memberikan masukkan pada kolom komentar. Apabila kiranya ingin meng-COPAS artikel ini, silahkan tulis sumbernya http://menuntutilmusyari.blogspot.com/ Syukron, Jazaakumallaah khair